Main Article Content
Abstract
Abstrak. Pembelajaran Al-Qur’an merupakan bagian penting dalam pendidikan Islam karena mencakup kemampuan membaca serta pemahaman tajwid dan makharijul huruf. Di SMK Al Irsyad Al Islamiyyah Cirebon, metode Qiro’ati digunakan sebagai pendekatan utama. Namun, efektivitasnya belum optimal karena hanya 50–60% siswa yang membaca sesuai standar. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pembelajaran Al-Qur’an dengan pendekatan data mining menggunakan algoritma Apriori. Proses analisis mengikuti tahapan CRISP-DM, mulai dari pemahaman masalah, pengumpulan data dari 175 siswa, pembersihan, transformasi data, hingga eksplorasi pola asosiasi. Evaluasi dilakukan dengan tiga metrik: support, confidence, dan lift. Hasil menunjukkan sebagian besar aturan memenuhi kriteria support ≥ 0.3, confidence ≥ 0.8, dan lift > 1, yang menandakan pola yang kuat dan relevan. Salah satu aturan terbaik menunjukkan bahwa kombinasi dukungan orang tua, bimbingan guru, dan kemampuan sambung ayat tingkat menengah berkorelasi positif terhadap peningkatan kualitas bacaan. Faktor-faktor paling berpengaruh secara konsisten adalah dukungan orang tua, kualitas guru, kemampuan sambung ayat, serta pemahaman makharijul huruf. Temuan ini menunjukkan bahwa algoritma Apriori efektif dalam mengidentifikasi pola tersembunyi untuk merancang strategi peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an di sekolah.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- A. Hudawi, “Penerapan Data Mining untuk Menemukan Pola Asosiasi Aktivitas Belajar dan Prestasi Santri Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 5, no. 4, pp. 653–662, 2024, doi: 10.33650/trilogi.v5i4.9919.
- Trisandi, “Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an,” PENDALAS J. Penelit. Tindakan Kelas dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 110–117, 2022, doi: 10.47006/pendalas.v2i2.104.
- D. U. Solehah, Parlaungan, and Wahyu Rinjani, “Analisis Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Munadi Medan,” Islam. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 47–53, 2021, doi: 10.57251/ie.v1i2.50.
- & K. A. Z. Widya Kurniawan, Faisal Reza Pradhana, “Analisis Clustering Kasus Bunuh Diri di Jawa Tengah dengan Menerapkan Algoritma K-Means,” vol. 9, no. 2502, pp. 47–55, 2024.
- S. Erpian, R. Astuti, W. Prihartono, and R. Hamonangan, “IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK MINUMAN BOBA BERBASIS PYTHON ( STUDI KASUS : KEDAI NGENYOD ’ S DESA BOGOR INDRAMAYU ),” JITET(Jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter., vol. 13, no. 2, 2025.
- Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Tentang Al-Irsyad [Online]. Tersedia: https://www.alirsyad.or.id/tentang-alirsyad/ [Diakses: 30-Apr-2025].
- M. I. Daulay and I. Hanafi, “Pengaruh Metode Qiroati Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Quran Siswa SDN 20 Tebun Kecamatan Rangsang,” vol. 2, no. 11, pp. 3637–3648, 2024.
- E. Saparudin and A. Wijaya, “Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Husain Kotagajah Lampung Tengah,” Educational Journal of Innovation and Publication (EJIP), vol. 2, no. 3, pp. 189–201, 2024.
- S. Hasan and T. Wahyuni, “Kontribusi Penerapan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an secara Tartil,” Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, pp. 45–54, 2018. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.317
- E. Zumrotun, “Penggunaan Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 6, pp. 353–364, 2023.
- H. Jatnika et al., “Analysis of Data Mining in the Group of Water Pollution Areas Using the K-Means Method in Indonesia,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1783, no. 1, 2021. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012014
- H. Mulyana, “Pemakaian Metode Asosiasi dalam Data Mining untuk Penjualan Lebih dari Satu Jenis Produk pada Perusahaan,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 10, no. 1, pp. 47–55, 2014.Untuk Identifikasi Pola Pembelian,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 6, pp. 3871–3878, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i6.8270.
- D. Sitanggang and M. Kom, Buku Monograf Algoritma Apriori. Medan: Penerbit UNPRI Press, Universitas Prima Indonesia, 2023.
- A. Mokkadem, M. Pelletier, and L. Raimbault, “Association rules and decision rules,” Statistical Analysis and Data Mining: The ASA Data Science Journal, vol. 16, pp. 411–435, 2023. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1002/sam.11620
- A. Wijaya, A. Faqih, D. Solihudin, C. L. Rohmat, and S. E. Permana, “Penerapan Association Rules Menggunakan Algoritma Apriori untuk Identifikasi Pola Pembelian,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 6, Desember 2023.
- Metode Naive Bayes Classifier”, JITET, vol. 10, no. 1, Jan. 2022.
References
A. Hudawi, “Penerapan Data Mining untuk Menemukan Pola Asosiasi Aktivitas Belajar dan Prestasi Santri Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 5, no. 4, pp. 653–662, 2024, doi: 10.33650/trilogi.v5i4.9919.
Trisandi, “Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur’an,” PENDALAS J. Penelit. Tindakan Kelas dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 110–117, 2022, doi: 10.47006/pendalas.v2i2.104.
D. U. Solehah, Parlaungan, and Wahyu Rinjani, “Analisis Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Munadi Medan,” Islam. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 47–53, 2021, doi: 10.57251/ie.v1i2.50.
& K. A. Z. Widya Kurniawan, Faisal Reza Pradhana, “Analisis Clustering Kasus Bunuh Diri di Jawa Tengah dengan Menerapkan Algoritma K-Means,” vol. 9, no. 2502, pp. 47–55, 2024.
S. Erpian, R. Astuti, W. Prihartono, and R. Hamonangan, “IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK MINUMAN BOBA BERBASIS PYTHON ( STUDI KASUS : KEDAI NGENYOD ’ S DESA BOGOR INDRAMAYU ),” JITET(Jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter., vol. 13, no. 2, 2025.
Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Tentang Al-Irsyad [Online]. Tersedia: https://www.alirsyad.or.id/tentang-alirsyad/ [Diakses: 30-Apr-2025].
M. I. Daulay and I. Hanafi, “Pengaruh Metode Qiroati Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Quran Siswa SDN 20 Tebun Kecamatan Rangsang,” vol. 2, no. 11, pp. 3637–3648, 2024.
E. Saparudin and A. Wijaya, “Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Husain Kotagajah Lampung Tengah,” Educational Journal of Innovation and Publication (EJIP), vol. 2, no. 3, pp. 189–201, 2024.
S. Hasan and T. Wahyuni, “Kontribusi Penerapan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an secara Tartil,” Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, pp. 45–54, 2018. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.317
E. Zumrotun, “Penggunaan Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 6, pp. 353–364, 2023.
H. Jatnika et al., “Analysis of Data Mining in the Group of Water Pollution Areas Using the K-Means Method in Indonesia,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1783, no. 1, 2021. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012014
H. Mulyana, “Pemakaian Metode Asosiasi dalam Data Mining untuk Penjualan Lebih dari Satu Jenis Produk pada Perusahaan,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 10, no. 1, pp. 47–55, 2014.Untuk Identifikasi Pola Pembelian,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 6, pp. 3871–3878, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i6.8270.
D. Sitanggang and M. Kom, Buku Monograf Algoritma Apriori. Medan: Penerbit UNPRI Press, Universitas Prima Indonesia, 2023.
A. Mokkadem, M. Pelletier, and L. Raimbault, “Association rules and decision rules,” Statistical Analysis and Data Mining: The ASA Data Science Journal, vol. 16, pp. 411–435, 2023. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1002/sam.11620
A. Wijaya, A. Faqih, D. Solihudin, C. L. Rohmat, and S. E. Permana, “Penerapan Association Rules Menggunakan Algoritma Apriori untuk Identifikasi Pola Pembelian,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 6, Desember 2023.
Metode Naive Bayes Classifier”, JITET, vol. 10, no. 1, Jan. 2022.