Main Article Content

Abstract

Digitalisasi membuat perangkat komputer sebagai sarana utama kehidupan digital. Namun pengguna komputer mengalami kesulitan dalam memilih spesifikasi dan ketika masalah teknis terjadi pada komputer. Dari permasalahan ini maka dikembangkan aplikasi chatbot dengan natural language processing untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Aplikasi dibuat berbasis web dengan framework Laravel dan Bootstrap dengan MySQL sebagai basis data. User Acceptance Test (UAT) dengan metode black box testing dilakukan oleh 11 responden dengan hasil UAT desain 85%, UAT fitur 88%, UAT kepuasan 93%. Berdasarkan hasil UAT menunjukkan aplikasi chatbot membantu menyelesaikan masalah pengguna.

Keywords

Aplikasi Chatbot Komputer NLP Waterfall

Article Details

How to Cite
Julianto, A. R. J., & Ade Yuliana. (2025). Aplikasi Chatbot Rekomendasi Spesifikasi dan Penyelesaian Masalah Teknis Komputer Dengan Natural Language Processing. Jurnal Profesi Insinyur Universitas Lampung, 6(2). https://doi.org/10.23960/jpi.v6n2.196

References

  1. M. S. Y. Lubis, Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. SEMNASTEK UISU, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134
  2. D. Soyusiawaty, Pemrosesan Bahasa Alami. Yogyakarta, 2023. [Online]. Available: https://eprints.uad.ac.id/47839/1/Diktat%20PBA%20Genap%202023.pdf
  3. A. Gupta, D. Hathwar, and A. Vijayakumar, “Introduction to AI Chatbots,” International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), vol. 9, no. 7, pp. 255–258, Jul. 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/344895276
  4. Sukatmi and E. S. Pitri, “Aplikasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan Dukungan SMS Gateway Pada SMK Kridawisata Bandar Lampung,” Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 20–30, 2018, [Online]. Available: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1288929&val=13863&title=aplikasi%20absensi%20siswa%20berbasis%20web%20dengan%20dukungan%20sms%20gateway%20pada%20smk%20kridawisata%20bandar%20lampung
  5. M. A. A. H. Nasution, Siswanto, and E. Suryana, “Rancangan Media Pembelajaran Berupa Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android,” Jurnal Media Infotama, vol. 19, no. 2, pp. 528–537, 2023, doi: 10.37676/jmi.v19i2.4771.
  6. I. S. Yuda and A. Yuliana, “Aplikasi Pendaftaran Online Turnamen Free Fire Berbasis Website (Studi Kasus Free Fire Battle Ground Bandung),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, pp. 3975–3982, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3s1.5241.
  7. A. P. Sari and Suhendi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Talent Film Berbasis Aplikasi Web,” Jurnal Informatika Terpadu, vol. 6, no. 1, pp. 29–37, Mar. 2020, doi: 10.54914/jit.v6i1.255.
  8. Wahyudi, Javascript Untuk Aplikasi Web, 1st ed. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2022. [Online]. Available: https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/558671-javascript-untuk-aplikasi-web-67a3f231.pdf
  9. A. Yusuf and A. Yuliana, “Aplikasi Wedding Organizer Berbasis Website (Studi Kasus Rakha Catering),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, pp. 3968–3974, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3s1.5239.
  10. A. Hidayat, A. Yani, Rusidi, and Saadulloh, “Membangun Website Sma Pgri Gunung Raya Ranau Menggunakan PHP dan MySQL,” JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya, vol. 2, no. 2, pp. 41–52, Dec. 2019, [Online]. Available: https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/view/35
  11. D. Rosmala, M. Ichwan, and M. I. Gandalisha, “Komparasi Framework MVC (Codeigniter, dan Cakephp) Pada Aplikasi Berbasis Web (Studi kasus: Sistem Informasi Perwalian Di Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional),” Jurnal Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 22–30, Aug. 2011, [Online]. Available: https://lib.itenas.ac.id/kti/?p=2224
  12. D. A. Dirgantara and R. Andrian, “Pengembangan Responsif Website Untuk Semarang Heritage Run 2022 dengan Framework Bootstrap,” Jurnal Media Infotama, vol. 19, no. 2, pp. 433–438, Oct. 2023, doi: 10.37676/jmi.v19i2.4346.
  13. F. Agustian and A. Yuliana, “Aplikasi Chatbot Pelayanan Publik Berbasis Website (Studi Kasus Sekretariat DPRD Kota Cimahi),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, pp. 3769–3777, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.5202.
  14. A. Paramitha, “Alat Bantu Analisis (Flowmap),” 2019. Accessed: Feb. 11, 2025. [Online]. Available: https://repository.unikom.ac.id/61577/
  15. V. Y. P. Ardhana et al., Rekayasa Perangkat Lunak: Teori dan Konsep. Sumedang: CV. Mega Press Nusantara, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Rekayasa_Perangkat_Lunak_Teori_dan_Konse/fZJdEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=rekayasa+perangkat+lunak+mega+press&pg=PP1&printsec=frontcover
  16. S. R. Wicaksono, Pengujian Perangkat Lunak: Strategi, Metode dan implementasi, 1st ed. Malang: CV. Seribu Bintang, 2023. doi: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.8231476.
  17. Mardiana, M. A. Muhammad, H. D. Septama, and Fitriyani, “Augmented Reality Berbasis Image Marker Tracking Untuk Sistem Pengenalan Buku Di Perpustakaan,” Jurnal Profesi Insinyur-JPI, vol. 2, no. 2, p. 30, 2021, doi: 10.23960/jpi.v2n2.62.
  18. J. A. Ramadhan, D. T. Haniva, and A. Suharso, “Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid,” Journal Information Engineering and Educational Technology, vol. 07, no. 01, pp. 36–42, 2023, doi: 10.26740/jieet.v7n1.p36-42.