Pengendalian Kecepatan Motor Induksi Dengan Cycloconverter Menggunakan Vector Control Dengan Filter Hybrid
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpi.v5n2.132Abstract View: 136
Abstract
Motor listrik berperan penting sebagai penggerak utama yang banyak digunakan pada sektor industri maupun transportasi, sehinggga diperlukan sistem kendali motor listrik. Salah satu sistem kendali motor listrik adalah pengendalian frekuensi. Pengendalian frekuensi bertujuan untuk mengatur kecepatan motor listrik yang diinginkan. Salah satu alat pengendalian frekuensi yaitu cycloconverter. Penggunaan cycloconverter menimbulkan adanya harmonisa karena termasuk jenis komponen non-linier, di mana harmonisa yang dihasilkan akan berpengaruh terhadap kualitas sistem dan berdampak kerusakan pada peralatan. Sehingga perlu adanya pemasangan filter untuk meredam frekuensi harmonisa. Penelitian ini menyajikan metode desain filter hybrid untuk mengurangi harmonisa dan pengendalian motor induksi tiga fasa dengan metode vector control untuk pengendalian motor induksi, yang mencakup keefektifan dari perancangan topologi filter pasif, aktif dan hybrid serta kehandalan respon motor. Pemodelannya menggunakan software simulink Matlab 2015A. Hasil reduksi pemodelan distorsi harmonisa menggunakan filter pasif sebesar 2,54%, aktif 14,86% dan hybrid 2,17%. Penelitian ini membuktikan bahwa filter gabungan atau hybrid filter menghasilkan total distorsi harmonisa lebih baik.
Downloads

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright © JPI (Jurnal Profesi Insinyur). This article is an open access article distributed under terms and conditions of the Creative Commons Attribution (CC BY NC)