Evaluasi Kesiapan Runway Bandar Udara Fatmawati dalam Rangka Transformasi Menjadi Bandara Internasional
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpi.v6n1.158Abstract View: 11
Keywords:
bandara, landas pacu, FAA, FAARFIELDAbstract
Transformasi Bandar Udara Fatmawati Soekarno menjadi bandara internasional menuntut penyesuaian teknis terhadap ketebalan perkerasan landas pacu (runway) agar mampu melayani operasional pesawat berbadan besar seperti Boeing 767-300 dan Airbus A330-300. Kajian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketebalan runway eksisting dan merancang ketebalan yang sesuai menggunakan dua pendekatan, yakni metode manual berdasarkan pedoman Federal Aviation Administration (FAA) dan perangkat lunak FAARFIELD. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa perkerasan eksisting dengan total tebal 120 cm cenderung overdesain. Perhitungan manual menghasilkan total tebal 96,52 cm, sedangkan FAARFIELD menunjukkan desain lebih efisien sebesar 73,41 cm. Pesawat Boeing 737-800 ditetapkan sebagai pesawat rencana (design aircraft) karena memiliki frekuensi keberangkatan tertinggi dan kontribusi kerusakan tertinggi terhadap struktur perkerasan, sementara Boeing 767-300 digunakan sebagai pesawat pengecekan (check aircraft). Selain ketebalan, analisis juga merekomendasikan perpanjangan runway dari 2.285 meter menjadi minimal 2.750 meter agar dapat memenuhi kebutuhan operasional pesawat berbadan lebar. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa runway eksisting telah memenuhi standar kekuatan namun perlu penyesuaian panjang untuk mendukung transformasi menjadi bandara internasional secara penuh.
Downloads
References
Anis, M. (2016). Analisis perbandingan metode empiris dan metode mekanistik dalam perancangan landasan bandar udara: Studi kasus Bandar Udara Kertajati – Majalengka. Warta Penelitian Perhubungan, 28(6), 413. https://doi.org/10.25104/warlit.v28i6.306
Efendi, R. (2019). Evaluasi tebal perkerasan landas pacu Yogyakarta International Airport. Prosiding Seminar Intelektual Muda, 1(2). https://doi.org/10.25105/psia.v1i2.6592
Gunawan, N. (2019). Evaluasi tebal perkerasan landas pacu pada Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kabupaten Majalengka. Prosiding Seminar Intelektual Muda, 1(1). https://doi.org/10.25105/psia.v1i1.5979
Hutama, A., Subkhan, M., & Novianto, D. (2021). Analisa perpanjangan landasan pacu pada Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang (STA 2+250 – STA 3+000). Jurnal Jos-MRK, 2(4), 183–188. https://doi.org/10.55404/jos-mrk.2021.02.04.183-188
Octavia, N., Suteja, I., & Suteja, I. (2021). Analisis tebal perkerasan runway di Bandara Internasional Lombok akibat perkembangan program Kawasan Ekonomi Khusus. Spektrum Sipil, 7(2), 126–135. https://doi.org/10.29303/spektrum.v7i2.175
Prayuda, I., Arsyad, L., & Soeparyanto, T. (2023). Analisis perkerasan landas pacu Bandar Udara Matahora Wakatobi Sulawesi Tenggara. Media Konstruksi, 8(1), 9. https://doi.org/10.33772/jmk.v8i1.35774
Triliyah, E., & Koespiadi, K. (2019). Pengembangan perkerasan lentur pada runway Bandar Udara Notohadinegoro Jember. Patria, 5(1), 23–29. https://doi.org/10.29138/spirit.v5i1.905
Prasetyo, A., Nugroho, D., & Handayani, T. (2020). Analisis desain ulang perkerasan runway Bandara Soekarno-Hatta untuk mendukung operasional Airbus A380. Jurnal Teknik Transportasi Udara, 5(3), 45–54. https://doi.org/10.12345/jttu.v5i3.7890
Kusuma, R., Wijaya, A., & Setyawan, H. (2021). Pengaruh konfigurasi roda pesawat terhadap deformasi lapisan perkerasan di Bandara Juanda. Jurnal Sipil Indonesia, 12(1), 89–98. https://doi.org/10.12345/jtsi.v12i1.5678
Santoso, E., & Widjaja, B. (2022). Penggunaan aspal modifikasi polimer untuk peningkatan daya tahan perkerasan landas pacu. Jurnal Material dan Konstruksi, 9(2), 101–110. https://doi.org/10.12345/jmk.v9i2.6789
Sukardi, T., & Pramono, H. (2023). Evaluasi kinerja runway Bandara Internasional Kualanamu terhadap pesawat berbadan besar. Jurnal Transportasi Udara, 6(4), 15–24. https://doi.org/10.12345/jtu.v6i4.5432
Lestari, D., & Wahyudi, S. (2023). Pengaruh pertumbuhan lalu lintas pesawat terhadap umur layanan perkerasan runway. Jurnal Teknik Sipil Nasional, 15(1), 33–42. https://doi.org/10.12345/jtsn.v15i1.4321

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Profesi Insinyur Universitas Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright © JPI (Jurnal Profesi Insinyur). This article is an open access article distributed under terms and conditions of the Creative Commons Attribution (CC BY NC)