Analisis Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017 Pada Ruas Jalan Tanjung Lubuk – Sri Tanjung Kabupaten Ogan Komering Ilir
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpi.v4n2.113Abstract View: 85
Abstract
Jalan merupakan suatu prasarana perhubungan darat yang sangat berperan penting bagi kehidupan
manusia. Dengan adanya jalan maka akses logistik dari suatu tempat ke tempat lain akan lebih cepat
dan mudah, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah tersebut. Salah satu ruas jalan di
Kabupaten Ogan Komering Ilir adalah Ruas Jalan Tanjung Lubuk – Sri Tanjung. Kondisi existing
jalan beragam kerusakan seperti jalan berlubang akibat dari campuran lapisan permukaan yang buruk,
selain itu juga terjadi pelepasan butiran dan pengelupasan lapisan permukaan. Pemerintah Kabupaten
Ogan Komering Ilir telah merencanakan pembangunan jalan aspal (perkerasan lentur) untuk jalan ruas
tanjung lubuk – sri tanjung. Dalam merencanakan dan mendapatkan desain struktur perkerasan jalan
lentur yaitu dengan menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Dengan
menggunakan metode manual perkerasan jalan 2017 jenis data yang digunakan terdiri dari data primer
yaitu pengukuran, survey lapangan, dokumentasi, data lalu lintas, data CBR yang didapat dan data
sekunder yaitu peta lokasi dan status jalan. Hasil pengamatan dan survey didapat nilai lalu lintas harian
rata – rata (LHR) sebesar 234 kendaraan perhari yang terbagi dalam beberapa jenis golongan
kendaraan. Nilai CBR rata - rata tanah dasar yakni 11,12% diatas nilai minimum CBR yang
dipersyaratkan sebesar 6%. Beban lalu lintas CESA5 untuk umur rencana 20 tahun sebesar
1.029.646,195 / (1,E+06). Maka hasil dari penelitian Analisis Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan
Metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017 Pada Ruas Jalan Tanjung Lubuk – Sri Tanjung
Kabupaten Ogan Komering Ilir diperoleh Tebal Perkerasan AC WC = 40 mm, AC BC = 60 mm dan
LPA Kelas A = 260 mm.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright © JPI (Jurnal Profesi Insinyur). This article is an open access article distributed under terms and conditions of the Creative Commons Attribution (CC BY NC)